Senin, 27 April 2009

kenari

04-01-2009 11:44:43
MENENTUKAN JENIS KELAMIN KENARI (ALA OM BUDIKENARI)

Apabila kita sudah terbiasa berproduksi burung kenari dan sudah banyak sangkar yang siap menetas maka Semakin cepat anda dapat menentukan jenis kelamin kenari muda maka akan lebih baik. Ada banyak cara untuk menentukannya. Saya akan membeberkan sedikit tips: ...

09-06-2007 06:09:41
TEKNIK BERTERNAK KENARI DI JERMAN

Di artikel sebelumnya, saya tulis bagaimana cerita saya terbang ke Jerman dan Belanda dari hasil mendidik kenari. Kedatangan saya ke belasan peternak kenari, khususnya kenari jenis postur besar: Yorkshire, Lancashire dan lain-lain, di negara Jerman disambut dengan hati gembira mengingat mereka melihat saya sebagai generasi baru. Maklum peternak di sana rata-rata berusia 65 tahun ke atas, yang berumur 55 tahunpun dianggap sebagai generasi baru. Kegembiraan mereka diungkapkan dengan dibukanya seluruh rahasia berternak kenari kepada saya. Hal yang sangat jarang mereka informasikan kepada peternak lain berhubung mereka terlibat dalam kompetisi yang ketat. ...

TERBANG BERSAMA KENARI

Saya selalu menghimbau kepada kenari mania agar mendidik kenari sendiri, terutama bagi para pelomba. Tidak pelak lagi, burung kenari adalah salah satu burung favorit bagi pelomba. Bisa dibuktikan di Kontes Burung Berkicau tingkat nasional, kelas kenari meningkat dari sebelumnya dan tidak ada satu nomorpun kosong, sebuah bukti bahwa para pelomba di tanah air semakin gandrung dengan burung kecil yang mempesona ini. ...

WATERSLANGER, THE UNIQUE AND BEAUTIFUL QUALITY

Kenari waterslager adalah satu di antara tiga jenis kenari yang diakui oleh World Ornithologic Organization/Confederation Ornithologique Mondiale (COM) atau Organisasi Ahli Burung Dunia. Dua jenis lainnya adalah German Harz Roller (di Indonesia dikenal dengan nama Harzer) dan Spanish Timbrado. Tiap-tiap jenis tersebut mempunyai lagu yang khas dan jelas berbeda serta dapat dikenal dengan mudah walau oleh penggemar baru. Harzer mempunyai lagu yang menggema dan panjang, suaranya seperti suara dalam. Variasi lagu yang utama adalah nge-roll, dapat dikatakan selalu ada huruf ‘r’ di antara suku kata. Variasi lagu yang utama adalah ‘hollow roll’: rorororororororo… variasi ini dijadikan keharusan bagi Harzer. Variasi lain yang harus dipunyai oleh jenis kenari asli Jerman ini adalah tembakan yang dinamai ‘Pfeiffen’ atau ‘Flute’ yang mana ada spasi di antara suku kata, contohnya: … su-su-su-su. ...

PENGARUH INDUK BETINA DALAM BERTERNAK KENARI

Beberapa minggu yang lalu saya membaca literatur luar negeri tulisan seorang yuri kenari, Mr. Tell Muhlestein. Saya kira bacaan ini perlu saya terjemahkan dan dibagikan ke hobiis burung kenari di tanah air, khususnya para peternak yang mendalami teknik berternak untuk mendapatkan kenari penyanyi (selanjutnya saya sebut kenari) yang baik. Pertama kali saya tertarik dengan judulnya yaitu "Female's Influence on the Roller Canary Song” karena disebutkan sebagai Kenari jenis Roller, walau jenis nyanyiannya berbeda dengan kenari Indonesia tetapi pada dasarnya adalah tipe kenari yang dipelihara untuk didengarkan kicauannya, sama seperti kenari di Indonesia. ...

AMERICAN SINGER CANARY

Setelah menulis tentang pentingnya induk betina dalam menghasilkan anakan yang bagus yang telah diterbitkan di Buletin Kenari edisi yang lalu, saya terus tertarik untuk mendalami kembali teknik berternak yang baik untuk dibagikan kepada para peternak dan hobiis di tanah air. Tentunya jenis kenari yang dinilai dari nyanyiannya menjadi dasar saya. Dalam hal ini kita tidak bisa berkiblat ke benua Eropa saja yang mempunyai jenis kenari penyanyi, yakni: Waterlager, German Hartz Roller (Harzer) dan Spanish Timbrado, tetapi perlu juga adanya perhatian ke Amerika Serikat yang juga berhasil menemukan jenis kenari yang dapat dikatakan baru dan kebetulan juga dinilai atas dasar nyanyiannya di sana, mereka menamakannya American Singer Canary (selanjutnya disebut sebagai kenari). ...

BLACKTHROAT SI BURUNG PENYANYI CILIK BERNOKTAH HITAM DI LEHER

Blackthroated (Serinus Atrogularis)atau bisa di Indonesia dikenal sebagai Blackthroat burung yang berasal dari Benua Afrika dan di Indonesia umumnya Blackthroat yang ada diperkenalkan dan dibawa oleh oleh Bangsa Belanda. Asal nama burung ini tidak lepas dari ciri fisik dimana pada bagian kerongkongannya terdapat warna hitam pekat yang terlihat seperti burung ini sedang memakai dasi di lehernya atau terdapat noktah hitam di lehernya. ...





Tidak ada komentar:

Posting Komentar