Selasa, 21 April 2009

MENGENAL MURAI BATU

19-08-2007 08:40:07
MENGENAL MURAY BATU (COPYCHUS MALABARICUS) DAN PEMILIHAN BAKALAN

Murai batu (Copychus malabaricus) adalah anggota keluarga Turdidae. Keluarga Turdidae dikenal memiliki kemampuan berkicau yang baik dengan suara merdu, bermelodi, dan sangat bervariasi. Ketenaran Burung Muray batu bukan hanya sekedar dari suaranya yang merdu, namum juga gaya bertarungnya yang sangat aktraktif. Serta penampilan fisiknya yang indah. Ciri umum semua jenis murai batu adalah ekornya yang panjangnya melebihi ukuran badannya. Kepala, leher, dada bagian atas, dan paruhnya berwarna hitam berkilau. Badan bagian bawah berwarna cokelat kemerahan. Panjang badan untuk betina 22 cm, sedangkan untuk jantan mencapai 28 cm. ...


02-12-2008 03:46:42
JUMLAH EKOR MURAI BATU DAN POLANYA

Secara umum, Murai Batu memiliki 6 pasang bulu ekor. Bulu ini terdiri dari 4 pasang bulu berwarna putih (ekor penyangga), dan 2 pasang ekor hitam (ekor utama), atau berpola 4:2.
Jadi secara keseluruhan, jumlah ekor MB adalah 12 lembar. Tapi, selain pola 4:2, ada juga Murai Batu yang memiliki 3 pasang ekor berwarna putih (ekor penyangga) dan 3 pasang ekor berwarna hitam (ekor utama), atau berpola 3:3.

Kecenderungan umum yang terjadi, MB yang berasal dari wilayah pedalaman atau wilayah hutan, akan memiliki pola 4:2 dan pola 3:3 lebih banyak dijumpai pada MB-MB yang berasal dari wilayah pesisir atau yang habitatnya dekat dengan pantai.

Perlu juga diketahui, pola ini sifatnya tidak baku, di mana banyak juga dijumpai MB-MB pesisir yang memiliki pola ekor 4:2.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar di bawah ini.

Gambar 1. Ekor MB dengan pola 4:2 ...

02-12-2008 03:52:28
KEBIASAAN MURAI BATU MABUNG (KHUSUS EKOR)

Saya hanya mau sedikit sharing tentang kebiasaan MB mabung, dan saya fokuskan atau khususkan sharingnya hanya pada masalah ekor saja.

MB cenderung akan menyisakan ekor putihnya pada saat seluruh ekornya sudah jatuh (dalam kondisi mabung normal).
Ekor putih ini diyakini berguna untuk menjadi penyangga bagi ekor utama yang kelak akan tumbuh (karena ekor putih ada di bagian bawah dari ekor utama).
Selain berfungsi sebagi penyangga, ekor putih ini juga diyakini berguna untuk menjaga dan melindungi keutuhan dan kerapian dari ekor utama yang sedang tumbuh.

Ekor putih ini kelak akan jatuh juga dan biasanya setelah ekor utama mulai sedikit panjang dan terlihat kokoh, sehingga tidak perlu lagi disangga.

Perhatikan contoh gambar di bawah ini, di mana ekor putih belum jatuh, karena menunggu tumbuhnya ekor utama. ...

12-01-2009 04:44:45
TIPS MEMASTER MB SESUAI KARAKTER KICAUAN

Di alamnya, MB memang dikenal sebagai salah satu burung yang pandai menirukan suara dari burung lain dan bahkan mampu menyanyikannya dengan lebih indah dan merdu. Sebagian besar hobbies MB akan merasa senang dan bangga jika MB peliharaannya memiliki variasi kicauan yang sangat dahsyat. Selain dapat mempengaruhi kriteria penilaian dalam lomba, kemampuan dalam kicauan ini juga dapat meningkatkan nilai jual dari MB tersebut.
Makanya wajar jika banyak hobbies yang tertarik dengan MB yang memiliki koleksi kicauan dahsyat. ...

16-03-2007 06:15:17
PERAWATAN MURAI BATU ALA DADANG BOGOR

Sebelumnya saya minta maaf, bukan bermaksud sok tau atau merasa jago, saya hanya ingin berbagi cara-cara perawatan saya selama ini untuk murai-murai saya, karena banyak teman-teman yang minta saya untuk memberikan tips perawatan murai batu, mungkin bukan yang terbaik tp inilah cara perawatan yang saya jalani setiap hari. ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar